Rabu, 18 April 2012


Artikel Teknologi


Segera Hadir: Mozilla Phone!

diposkan pada tanggal 9 jam lalu oleh blogger teknologi   [ diperbarui9 jam lalu ]
Apakah konsep baru yang dibawanya ?
Berbasiskan HTML5, Mozilla Phone akan merombak industri gadget yang selama ini didominasi Iphone dan Android. Handphone yang rencananya akan diluncurkan pada medio 2012 ini akan menggunakan Web sebagai platformnya. Jadi apa yang nampak sebagai aplikasi (seperti halnya di Android), di Mozilla Phone icon-icon tersebut sebenarnya merupakan website yang berbasis HTML5 diakses langsung dari handphone.

Konsepnya mirip dengan http://webian.org/ namun yang membedakan adalah nama besar mozilla dengan firefoxnya. 95% kode dari project ini berasal dari firefox.

Dan seperti halnya android yang gratis, sistem operasi untuk handphone dari mozilla ini juga akan digratiskan (dan Open Source), sehingga adopsinya kami perkirakan juga akan cepat. Kecuali, ya kecuali, jika hardwarenya bermasalah.

Target biaya hardware yang hanya 1/10 dari Iphone (itu berarti sekitar Rp.800 ribuan) membuat kalangan industri Gadget/Handphone berpikir 2 kali untuk memproduksinya. Kalau terlalu murah, tentunya mereka harus mempertimbangan biaya masuk pasar yang tidak sedikit.

Namun, marilah kita lupakan sejenak masalah hardware diatas, karena banyak embed system yang bisa kita gunakan untuk juga sekedar mencobanya. (Internal Mozilla bahkan menggunakan Samsung Galaxy S 2 untuk ujicobanya, jadi anda pun bisa menggunakan handphone berbasis android untuk testing)

20 insinyur Mozilla ditugaskan khusus untuk menggarap lahan yang masih kosong ini. Integrasi fitur standar dari sebuah mobile phone, yakni sistem telepon, sistem SMS, phone book ke dalam sistem operasi Moz-Phone ini akan membuat kita semua terbebas dari belitan kerumitan standar GSM ataupun CDMA.

Untuk menelepon, seorang pemula dalam web development akan sangat terbantu karena hanya terdiri dari satu baris javascript yang bisa dicustom. Bayangkan tambahan sederhana seperti halnya menambah timer pada javascript untuk melakukan telepon terjadwal. Atau sekedar membuat ring telepon palsu :).

Kebebasan untuk mengutak-atik handphone seperti halnya mengoprek komputer/laptop inilah yang ditawarkan oleh mozilla phone.

Siri: Katakanlah Hello ke "Antarmuka Tak Terlihat"

diposkan pada tanggal 24 Feb 2012 19:38 oleh blogger teknologi
Siri adalah contoh terbaru dari bagaimana orang sehari-hari akan berinteraksi dengan perangkat komputer/gadget.

Siri adalah software asisten pribadi untuk iPhone keluaran Apple. Software ini menjanjikan pengalaman baru yang dulu hanya terbayang pada film-film fiksi: berbicara dengan komputer.

Orang tidak memerlukan keyboard/keypad atau mouse atau layar sentuh lagi. Siri adalah Input device yang tak terlihat. Kemampuan untuk berbicara kepada perangkat komputer kemudian mereka merespons atau mengambil tindakan terhadap perintah kita bukan lagi sebuah konsep yang diawang-awang.

Mobil Robot

diposkan pada tanggal 2 Feb 2012 17:06 oleh blogger teknologi   [ diperbarui2 Feb 2012 17:09 ]
Segera akan menjelajahi jalan-jalan di muka bumi: Mobil Robot.

Mobil yang tidak perlu kita kemudikan, dan didesain lebih aman daripada jika dikendarai oleh seorang manusia!

Lagi-lagi Google berada di belakang gagasan ini.


Pilar-Pilar Penting Chrome OS

diposkan pada tanggal 7 Feb 2010 06:08 oleh blogger teknologi   [ diperbarui7 Feb 2010 07:52 ]
Dalam kerangka kerja Google untuk membangun Chrome OS terdapat dua teknologi baru yang belum pernah diterapkan sebelumnya, yakni:
1. Native Client
    Teknologi ini memungkinkan web browser untuk menerima file binari yang bisa dieksekusi langsung oleh operating system. Jika selama ini aplikasi web terutama masih dikendalikan oleh Javascript, dan Javascript selalu lebih lambat daripada program binari seperti Microsoft Office, maka dengan teknologi terbaru ini, aplikasi web terbitan Google yakni Google Docs akan bisa dieksekusi secepat pesaingnya.
     Masalahnya, teknik ini harus sangat hati-hati untuk diterapkan karena membolehkan operating system  untuk mengeksekusi program berarti sama halnya dengan membuka peluang eksekusi program yang tidak dikehendaki alias virus dkk. Karena itu metode sandboxing menjadi pilihan pertama teknologi ini agar program yang dijalankan tetap terpisah dari sistem operasi klien.
2. O3D
    Teknologi kedua memungkinkan web browser mengakses kartu grafis di komputer klien agar aplikasi web bisa menampilkan grafis resolusi tinggi seperti halnya aplikasi desktop. Selama ini aplikasi web masih dibatasi mengakses kartu grafis melalui plugin seperti Adobe Flash plugin dll. Dengan teknologi O3D, maka dimungkinkan memainkan game kelas berat seperti 3D Arena dll langsung dari web browser.

Tujuannya sama yakni mengambil kekuatan komputasi komputer klien agar aplikasi web bisa berjalan lebih cepat dan setara dengan aplikasi desktop. Dengan mendaftarkannya sebagai patent, Google mengamankan teknologi ini dari klaim tertutup vendor lain. Dan membuat Chrome OS yang berstatus Open Source tetap Open Source.

Yang membuat berita ini layak masuk situs TeknologiTerbaru.com :
1. Teknologi Native Client dan O3D akan membuka terobosan di bidang Teknologi Informasi.
2. Program apapun bisa dimodifikasi untuk jalan di dalam browser anda. Sebagai contoh untuk program game Quake Arena hanya dibutuhkan waktu 2 hari untuk memodifikasi 100rb baris kode programnya agar bisa berjalan sebagai native client di browser manapun dan di operating system manapun.
3. Program Linux apapun bisa diporting ke native client yang memungkinkan program Linux bisa berjalan di Windows via web browser dan sebaliknya.

1-4 of 4


Original Text:

Terkait

Description: Rating: 4.5 Reviewer: annajmin zega ItemReviewed:
Al
Mbah Qopet Updated at: 4/18/2012 05:40:00 AM

0 komentar :

Poskan Komentar